PROSES PENGAMPLASAN HIGH GLOSS PADA BIDANG LENGKUNG DAN BERKONTUR DENGAN MENGUNAKAN DOUBLE ACTION SANDER

PROSES PENGAMPLASAN HIGH GLOSS PADA BIDANG LENGKUNG DAN BERKONTUR DENGAN MENGUNAKAN DOUBLE ACTION SANDER

Saat ini sangat banyak dijumpai beberapa kendala dalam pengamplasan sehingga mengakibatkan proses pengamplasan menjadi sangat lama, baik pada proses pengamplasan intermediate maupun finishing (natural, semi gloss maupun high gloss). Pada pengamplasan finishing high gloss biasanya dilakukan manual dan sangat hati hati untuk menghindari terjadinya over sanding.

Biasanya pada proses ini dilakukan dua tahapan pengamplasan yaitu pengamplasan pada bidang rata dengan mengunakan mesin wide belt, narrow belt maupun doble action sander ( hand sander), kemudian untuk bidang yang ada radius atau lekukan akan dikerjakan secara manual (hand sanding) tanpa mengunakan mesin. Biasanya pengamplasan manual ini akan banyak membuang waktu dan membuat proses menjadi lebih panjang.

Pada edisi woodmag kali ini kami akan mecoba memberikan sedikit solusi pengamplasan tersebut dengan mengunakan mesin double action sander (bulat maupun kotak), interface pad dan mengunakan amplas yang sangat lentur dengan backing micro filem.

Adapun proses yang dilakukan adalah :

1. Gunakan mesin double action sander  (bulat maupun kotak)

Sebaiknya pilih mesin yang mengunakan pengatur kecepatan, sehingga kita bisa menyesuaikan kecepatan yang dibutuhkan.

 b

Double action sander kotak

 c

Double action sander bulet

 2. Gunakan interface pad (soft) pada bagian bawah pad mesin sebelum menempelkan amplas.

Interface pad merupaka salah satu product dari brand KOVAX (Jepang) memiliki karakter yang sangat lentur dan lembut, sehingga pada saat proses pengamplasan dengan mengunakan double action sander interface pad tersebut akan mengikuti radius atau lekukan benda kerja yang diamplas. Selain berfungsi mengikuti lekukan interface pad juga mempunyai fungsi lain yaitu mencegah terjadinya over sanding dengan meredam pengikisan yang agresif pada pasir amplas.

 d

Interface Pad for Asilex & Bufflex

 3. Pilih amplas yang sangat tipis dan lentur dengan bahan backing micro filem sehingga bisa mengikuti kelenturan interface pad yang kita gunakan.  Asilex dan Bufflex adalah salah satu tipe amplas dari product KOVAX (jepang) yang memiliki technologi dengan backing micro filem.

Amplas ini sangat lentur , lembut, dan juga sangat mudah membersihkan kotoran yang menempel pada permukaan pasir (clogging) hanya denga cara menepuk nepuk permukaan amplas tersebut makan kotoran akan langsung lepas, sehingga pengunaan ampas sangat efisien.

Pilihan grit yang diberikan adalah Sky (600), lemon (800), orange (1500), green (2500) & Black (3000)

e

Asilex & Bufflex

Cara pengunaan adalah ;

-          Tempelkan interface pad pada pad (velcro) mesin double action sander.

-          Tempelkan Asilex atau bufflex pada permukaan interface pad.

-          Lakukan pengamplasan dengan penekanan sewajarnya pada bidang radius atau lekukan sehingga interface pad dan amplas mengikuti permukaan tersebut.

-          Untuk bidang rata cukup mengikuti bidang saja.

 f

Berikut contoh aplikasi

 g