Potensi Kayu Ringan (Lightwood) Terhadap Keberlangsungan Suplai (Sustainable Supply) di Industri Furnitur Indonesia

 12

Potensi Kayu Ringan (Lightwood) Terhadap Keberlangsungan Suplai (Sustainable Supply) di Industri Furnitur Indonesia

Forum ILCF 2017 pertama kali terlaksana pada hari ke-3 disela-sela pameran IFEX 2017, adalah sebuah media interaktif yang memberikan inspirasi jangka panjang terhadap keberlangsungan suplai akan kebutuhan kayu di industri perkayuan.

Jenis-jenis kayu ringan asal Indonesia, seperti halnya Sengon, Albasia, Jabon, sangat berpotensi untuk dikembangkan untuk berbagai aplikasi perkayuan, tidak terbatas digunakan untuk mendukung ekspor plywood dan blockboards.

Kayu ringan (lightwood) di negeri tropis, khususnya Indonesia, tumbuh lebih cepat dibanding di negeri empat musim, dimana bisa cepat tumbuh dalam 6-7 tahun, sebagaimana diungkap oleh Johannes Schwegler, Managing Director Fairventures Worldwide. Diperlukan fokus dan kesabaran agar pertumbuhan kayu lightwood bisa tumbuh hingga mencapai diameter 40cm atau lebih, sehingga dapat digunakan pada aplikasi yang lebih luas di industri perkayuan.

 

Sejalan dengan hal tersebut, dalam sambutan forum, Djatmiko Bris Witjaksono, Direktur Kerjasama Pengembangan Ekspor, Ditjen PEN, Kementerian Perdagangan, mengatakan: ‘bahwa Lightwood dapat berkembang menjadi ‘Environmental Wood’, dan diperlukan pengembangan yang lebih serius di sektor alamiah’, yang mendukung terciptanya keberlangsungan (sustainability) terhadap industri pengguna.

 13

-Selesai-

Untuk informasi lebih lanjut

Arief Odon

Editor in Chief

WoodMag Magazine

Pose Media Indokreasi

Cell:+62816915914

Email:ariefodon@gmail.com

www.woodmag.co.id