PELATIHAN PENGETAHUAN DAN PEMAKAIAN AMPELAS UNTUK INDUSTRI PERKAYUAN DI KARYA CIPTA UNGGUL NUSANTARA DEMAK

seluruh-peserta-pelatihan-pusdiklat-di-kcun_low

Pelatihan yang ketiga kalinya antara PT.Ekamant Indonesia dengan Kementerian Perindustrian bekerja sama dengan PT. Petrowidia Jasantara dengan assessment oleh Divisi Technical Support PT. Ekamant Indonesia.  Dalam Program Diklat Sistem 3 In 1 Bidang Pengetahuan dan Pemakaian Ampelas kali ini menyasar Industri Perkayuan di kota Demak, Jawa Tengah.

Angkatan ketiga dari kegiatan ini cukup sukses dengan melibatkan 50 peserta pelatihan, bertempat di Industri Perkayuan, PT. Karya Cipta Unggul Nusantara, Kota Demak, Provinsi Jawa Tengah yang berlangsung selama 12 hari dari tanggal 1 Juli hingga 13 Juli 2019.

PT. Karya Cipta Unggul Nusantara merupakan perusahaan industri perkayuan dengan produksi utama daun pintu (doors manufacture) dan lantai kayu (parquette). Pasar dari produk PT. Karya Cipta Unggul Nusantara 98% ekspor dengan mayoritas pengiriman ke Negara Inggris, Belanda dan sebagian kecil ke Amerika. Sedangkan 2% sisanya pasar domestik dengan spesial order untuk hotel / apartemen.

Dengan meningkatnya permintaan ekspor dari konsumen di beberapa negara, sehingga PT. Karya Cipta Unggul Nusantara membutuhkan jumlah sumber daya manusia yang tidak sedikit dan harus memiliki kompetensi keterampilan sehingga mampu memenuhi target produksi.

Dengan adanya pelatihan ini, sumber daya manusia baru yang bekerja di PT. Karya Cipta Unggul Nusantara diberikan pengetahuan dan pelatihan keterampilan serta uji kompetensi terkait ampelas. Dalam kurun waktu 12 hari, pelatihan yang dimulai dari Teori Pengetahuan dasar Spesifikasi Ampelas, Praktik Metode Pengampelasan, Praktik Aplikasi Pengampelasan dan diakhiri dengan Uji Kompetensi.

Metode pelatihan yang berbeda dari yang umum dilakukan oleh PT. KCUN & PT. Ekamant, yang biasanya dilakukan one day training. Dengan pelatihan selama 12 hari, dan pendalaman secara teori maupun praktek maka setiap proses pengampelasan setiap bagian diperoleh hasil pelatihan yang optimal, sehingga tercapai efisiensi didalam bekerja.

Seluruh kegiatan pelatihan tersebut terlaksana dengan lancar berkat dukungan penuh dari PT. Karya Cipta Unggul Nusantara dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri, Kementerian Perindustrian.