Keuntungan dari Vacuum Dryer

img_4016

 

Prinsip pengeringan vakum kiln, pada dasarnya, adalah memasukkan kayu ke dalam wadah tertutup dan melakukan pengeringan kurang dari tekanan atmosfer. Keuntungan pengeringan vakum adalah siklus pengeringan kiln yang lebih pendek, kualitas pengeringan kiln yang lebih baik, lebih hemat energi dan juga

Ramah lingkungan:

(1) Siklus Pengeringan yang Lebih Pendek — Kunci untuk siklus pengeringan yang lebih pendek atau waktu pengeringan yang lebih cepat adalah dengan meningkatkan kecepatan air bergerak dari tengah kayu menuju permukaan. Di antara banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan ini, hambatan dari udara sekitarnya merupakan faktor terbesar. Dengan teknologi vakum, karena kayu sedang dipanaskan, kelembaban di dalam kayu ditarik keluar melalui sistem vakum pada saat bersamaan. Karena jumlah udara berkurang dan hambatan udara sekitarnya berkurang pada saat bersamaan, kelembaban ditarik keluar membentuk kayu pada tingkat yang meningkat, sehingga mempercepat proses pengeringan kiln.

(2) Kualitas Kiln-Drying yang Lebih Baik — Dalam lingkungan vakum, uap air menguap pada suhu yang jauh lebih rendah. Oleh karena itu, kayu dapat dikeringkan pada suhu yang lebih rendah daripada tanur konvensional, sehingga menurunkan kemungkinan terjadi cacat akibat pengeringan suhu tinggi, seperti cek internal, retak, dll.

Selain itu, karena tekanan di dalam ruangan selalu lebih rendah daripada tekanan atmosfir, kurang udara di lingkungan, yang juga berarti lebih sedikit oksigen; dan dengan sedikit oksigen, tidak ada sedikit perubahan menyebabkan perubahan warna pada kayu. Lebih jauh lagi, sebagai akibat dari lingkungan vakum, kelembaban di dalam kayu bergerak pada tingkat yang jauh lebih cepat ke permukaan. Akibatnya, ada juga kesempatan yang lebih kecil untuk mengembangkan pengerasan kasus di permukaan kayu juga.

(3) Lebih Hemat Energi — Bila dibandingkan dengan tungku konvensional, pengeringan vakum dapat mengurangi siklus pengeringan sebanyak 3 sampai 5 kali — Hal ini terutama terlihat di antara spesies yang lebih tebal dan lebih sulit dikeringkan. Selain itu, karena lingkungan vakum, uap air menguap pada suhu yang jauh lebih rendah. Dengan kata lain, lebih sedikit energi yang dibutuhkan. Pengeringan vakum, oleh karena itu, lebih hemat energi.

(4) Ramah Lingkungan — Pengeringan vakum membutuhkan ruang agar rapat rapat dan semua kotoran akibat proses pengeringan dapat dikurung dan dikumpulkan dengan lebih mudah. Akibatnya, pengeringan vakum juga lebih ramah lingkungan.