JIFFINA – Indonesia Original Furniture & Craft Resources

 1

JIFFINA – Indonesia Original Furniture & Craft Resources

Pameran JIFFINA 2017 terselenggara kedua kalinya di Jogja Expo Center (JEC), mengusung tema ‘Indonesia Original Furniture & Craft Resources’, dimaknai dengan pertemuan langsung antara produsen dengen buyer, demikian ungkap Endro Wardoyo, Ketua Organizing Committe JIFFINA. Pameran tahun ini didukung oleh 260 peserta pameran, meningkat 44% dibanding peserta pameran 2016 lalu. Dengan dihadiri lebih dari 48 negara pembeli dan kunjungan 778 buyer manca negara, JIFFINA berhasil mencatat ‘on the spot transaction’ sebesar USD 78 juta, meningkat dari tahun lalu.

JIFFINA sangat kental dengan konten produk mebel kayu jati, bahkan recycle teak. Hampir setiap booth menampilkan karya-karya kreatifnya dan terlihat banyak pengunjung asing. Menurut I Wayan Nasib Astika, Dewata Classic Teak, kebanyakan peserta pameran dikunjungi oleh buyer-buyer kenalannya dan mereka tertarik melihat tampilan mebel-mebel yang berbeda dari sebelumnya. Salah satu keunikan di booth Dewata Classic Teak adalah ‘Dayang Organic Coffee’ – sebuah rasa dan aroma khas kopi alami robusta yang nikmat – sempat dinikmati editor in chief woodmag di sela-sela perbincangan dengan I Wayan Nasib Astika dan Eddie Offeringa, di booth-nya.

 

WoodMag juga berkesempatan melihat keunikan produk-produk mebel Jalan Kayu, dan berbincang dengan Ibu Yayuk Barata Sena, pemilik Jalan Kayu (JK). Adalah ‘Split Wood Table’ , sebuah karya seni asli Indonesia, yang mendapat Platinum Award 2015 dari Adex Awards, Amerika. Sebagaimana dijelaskan oleh Phillip Collection Inc dalam website adexawards.com perihal Split Wood Table adalah:  “Hand crafted by an Indonesian artist, these unique tables are finished with the artist’s signature Gray Stone finish that beautifully shows the grain of the wood in the look of stone. Sliced down the middle, these stone-like wood pieces hold a glass tabletop surface to not only be sculptural, but also functional”.

Kesuksesan pameran JIFFINA tak luput dari rangkaian kegiatan promosi yang ke berbagai manca negara dan domestik, di awali pameran TEI Oktober 2016 lalu di Jakarta, lalu ke pameran Rusia Furni, IMM Koln di Jerman, Ambiente di Frankfurt, dan di pameran MIFF 2017 Malaysia, ungkap Dr.Timbul Raharjo – Ketua Forum JIFFINA Jawa-Bali. Kedepannya, diharapkan lebih banyak UKM (Usaha Kecil Menengah) terlibat dalam pameran, karena lebih dari 7000 perajin kreatif ada di Jogjakarta. Tahun depan, seluruh 3 hall diharapkan dapat terisi penuh, juga ungkap Endro Wardoyo, mengingat propinsi Jawa Tengah adalah sentra industri mebel dan kerajinan, sehingga dapat berperan aktif dan mendapat kesempatan promosi atas karya-karyanya. Promosi berbiaya murah ini seyogyanya mendapat dukungan penuh dari pemerintah.

 4 52

-Selesai-

Untuk informasi lebih lanjut

Arief Odon

Editor in Chief

WoodMag Magazine

Pose Media Indokreasi

Cell:+62816915914

Email:ariefodon@gmail.com

www.woodmag.co.id